Ocehan Gue Nih :D

Saturday 30 June 2012

Sayangkah Kamu Dengan Kedua Orang Tuamu?

Anak mana sih yang gak sayang orang tuanya? Anak durhaka?

Malem ini gue mau sedikit ngajak kalian merenung tentang orang tua kita masing-masing. Kalo sudah ngebahas tentang orang tua, apa sih yang pertama kalian pikirkan? Senyum mereka? Gimana mereka tersenyum saat kita dapet ranking pertama atau nilai kita tinggi? Atau amarah mereka? Gimana mereka marah saat kita melakukan kesalahan, baik kesalahan kecil maupun kesalahan fatal. Terus, gimana sikap kamu waktu kedua orang tua kamu marah? Kamu kesel? Atau bahkan sampai membentak?

Gue paling sensitif kalo udah ngebahas topik yang beginian. Orang tua gue emang bukan siapa-siapa. Bapak gue cuma pensiunan perusahaan swasta, dan ibu gue cuma ibu rumah tangga biasa. Tapi hebatnya kedua orang tua gue masih bisa nyekolahin gue sampai begini. Orang tua gue merupakan motivasi utama gue pengen sukses, gue pengen ngebuat mereka bangga, gue pengen ngebuat mereka bilang, 'Itu anak saya!'. Orang tua gue juga paling ngedukung gue dalam segala hal (dalam artian positif), mereka gak terlalu ikut campur tentang apa yang harus gue pilih untuk hidup gue. Mereka ngasi kepercayaan penuh ke gue yang artinya gue harus bener-bener ngejaga kepercayaan mereka (yap, emang sebenernya gue termasuk anak yang cukup 'bandel'). Karena kepercayaan itu seperti keperawanan, sekali ilang gak bakal bisa balik.

Sudahkan kalian bercakap-cakap dengan orang tua kalian hari ini?
Komunikasi memang hal yang sangat penting. Komunikasi itu bisa membangun sebuah hubungan baik untuk sebuah keluarga. Komunikasi bermacam-macam. Ada yang sekedar menyapa atau mengucapkan selamat pagi/malam/sore bagi yang kedua orang tua nya mempunyai kesibukan di luar rumah. Atau bahkan berbincang dengan orang tua, baik itu menceritakan kegiatan yang dialami hari ini atau hal lain. Kalo gue, opsi terakhir paling sering gue lakuin di rumah. Karena seorang pensiunan swasta, Bapak gue sering banget ada di rumah. Jadi waktu untuk berkomunikasi dengan beliau sangat sering. Beliau adalah tipe orang yang suka bercerita, baik itu cerita pengalamannya di waktu muda, cerita dongeng, apapun. Seringkali cerita yang beliau ceritakan sudah pernah gue denger, tapi gue gak pernah bosan dan selalu terkesima :)

Sudahkan kalian tanya kabar orang tua kalian hari ini?
Menanyakan kabar juga salah satu bentuk komunikasi, dan perhatian tentunya. Seberapa perhatian sih kalian dengan orang tua kalian masing-masing? Dimana kalian ketika orang tua kalian sakit? Pernah gak ketika kalian sedang bersenang-senang dengan teman, terlintas keadaan orang tua kalian? ' Ibuku sudah makan belum ya? Bapakku? Mereka lagi apa? Apakah mereka sedang bersenang-senang sepertiku? ' Jujur, gue jarang (bukan gak pernah) berfikir bagaimana orang tua gue ketika gue sedang besenang-senang dengan temen-temen gue. Lebih baik sadar sekarang kan daripada gak sama sekali?

C'mon guys, mulai sekarang bersikaplah lebih baik dengan kedua orang tua kalian mumpung kedua orang tua kalian masih ada, terutama yang salah satu orang tuanya sudah meninggalkan dunia. Dan guys, ketahuilah apapun yang orang tua kalian berikan, itu yang terbaik untuk kalian. buatlah mereka bangga :)




Selamat malam.

6 comments:

  1. sebenernya cerita seperti ini sering gua baca, bahkan bikin nangis . Gua udah besar dan ga deket lagi. Gua tau suatu saat bakal kehilangan. Gua juga ga tau kenapa, dapet nilai bagus percuma ga pernah dibanggain selalu dikritik mulu masih bagus nilainya naik .

    Mau coba deket lagi tapi ga tau kenapa susah, kalo coba ngobrol akhirnya ga cocok malah berantem . Orang tua udah ga ngerti gua lagi apalagi ayah gua, kalo diajak ngobrol pasti nyautnya ke agama mulu. Sekian curhatan gua, haha

    Gua udah sadar dari dulu kok kalo orang tua penting dan jangan pernah disia-siain, postingannya mungkin bakal nyadarin orang lain yang mulai lupa berkomunikasi dengan orang tua. Good Post Winda dan salam kenal ! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, salam kenal juga yah :D
      Mungkin orang tua lo khususnya bokap lo, gak tau gimana cara ngungkapin perasaan bangga-nya ke lo dan beliau ngungkapinnya dengan cara mengkritik lo supaya lo bisa terus maju dan terus berusaha :D
      Ayoo dong jangan nyerah untuk komunikasi dengan orang tua lo ya, semangat :D

      Delete
  2. "kepercayaan itu seperti keperawanan, sekali ilang gak bakal bisa balik" :')

    emang kadang kita itu sibuk sama proses dewasanya kita sendiri, kita sering lupa kalo orang tua kita juga tambah tua. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap bener banget. kita terlalu sibuk mencari jati diri, so kita jadi lupa, kalo yang bertambah tua bukan cuma kita, tampi orang tua dan lingkungan sekitar kita :D
      thanks udah mampir dan nyempetin baca :D

      Delete
  3. Denger ceramah kemarin..anak gak bakalan bisa balas jasa orang tuannya,,, lah nyambung gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, jasa orang tua dibalas dengan doa, kalo sungguh-sungguh pasti terkabul :D

      Delete

Cuma baca aja? Yuk tinggalin jejak, supaya aku bisa kunjung balik dan ninggalin jejak di blog kamu :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...