Ocehan Gue Nih :D

Saturday, 8 April 2017

[Part 1] Jogja (Memang) Istimewa!

Hello! Udah lama banget gak nulis disini. Sebenernya ngeblog itu sekarang masih 'kekinian' gak sih? Kayaknya banyak temen-temen blogger aku yang udah jadi pasif dan mulai meninggalkan blog-nya tapi tetep aktif di media sosial lain, termasuk aku sendiri. Mungkin blog juga perlu 'ikut-ikutan' berinovasi membuat 'blog stories' biar orang-orang pada rajin nge-update blognya xD

Ah, udah. Ngebahas alesan nggak nge-blog mah gak ada habisnya. Mending ngebahas masa depan kita aja #receh

Ohiya, kalau kalian ngikutin post-post aku sebelumnya mungkin kalian udah pada tau kalau aku selama setahun ini mengejar gelar tambahan di kota istimewa, Jogjakarta. Yep, selama kurang lebih 1 tahun (tepatnya 10 bulan), aku mendalami keilmuan aku sebagai Farmasis yang baik. Dan tanggal 1 April 2017 kemaren aku udah resmi di'sumpah' dan jadi Apoteker yang baik (Amiinn).
A post shared by nimadesesariaswinda ॐ (@windahuhul) on


Dan, setelah prosesi pengambilan sumpah itu aku langsung terbang ke Jakarta. Ngapain? Jadi ceritanya setelah Yudisium bulan Januari kemaren, di kampus aku itu ngadain Job Fair khusus untuk Apoteker-apoteker yang baru lulus kayak aku dan aku nyobain masukin lamaran ke salah satu industri farmasi. Sebenernya gak tertarik-tertarik amat sih sama dunia industri, karena aku ngerasa bukan 'skill' aku disitu. Tapi karena yang ini 'beda', kerjaannya di Office gitu, jadi aku tertarik dan langsung masukin CV dan surat lamaran. Dan, emang udah rejeki kali ya, setelah proses interview aku dipanggil buat kerja disitu. Sekarang, aku lagi nunggu buat training selama 6 bulan di Jakarta.

Ninggalin kota istimewa sebenernya berat banget. Kerasa banget bedanya antara Jakarta dan Jogjakarta. Mulai dari bahasa, kebiasaan, kuliner (yang bakal aku bahas di post selanjutnya :D), udara, bahkan tetesan air kerannya *lebay*

Untuk mengobati kerinduan pada kota istimewa, kali ini aku mau berbagi tempat-tempat wisata yang aku kunjungi selama di Jogja. Mungkin bisa kalian jadikan panduan buat jalan-jalan di Jogja entar. Yuk.

1. Malioboro
Tempat wisata yang ini sih udah mainstream banget. Cuma aku suka aja kesini, di detik-detik terakhir aku di Jogja, rasanya dalam sebulan aku kesini 4-5 kali. Malioboro sekarang apik! Kalau dulu trotoarnya dipake buat parkir, sekarang dikhususkan buat wisatawan. Banyak kursi taman dipinggiran yang disusun sedemikian rupa buat duduk-duduk kalo cape nyari oleh-oleh, bahkan selfie dan foto-foto. Pokoknya Malioboro sekarang nyaman banget buat wisatawan. Kalau kamu mau kesini, kamu bisa pake transjogja atau pakai kendaraan pribadi (sewa). Kalau pake kendaraan pribadi kamu bisa parkir di tempat parkir yang udah disediakan pemerintah Jogjakarta (lupa namanya cuy ;p) atau parkir di dalam Mal Malioboro. Oh iya, Malioboro sekarang ada wi-fi nya, jadi kalau mau upload-upload disini gak perlu make kuota kamu xD





2. Benteng Verderberg

Kalau kalian mau tau sejarah tentang Jogjakarta kalian harus kesini. Tempatnya di sebelah pasar Beringharjo, Malioboro. Cukup bayar Rp 2.000,- kalian bisa belajar sekaligus foto-foto disini, tempatnya lumayan instagram-able sih. Bangunannya unik dan keren-keren banget. Ada juga barang-barang dari jaman dulu dan miniatur tugu. Pokoknya tempat ini seru buat belajar sejarah tanpa merasa bosan.






3. Taman Sari
Sudah tau dong taman sari dimana? Kalau gak tau, cek aja google maps xD. Biaya masuk kesini beda-beda kayaknya, tapi karena aku ngaku dari Jogja dan bisa nyebutin tinggal di daerah mana, aku cuma bayar Rp 5.000,- doang buat masuk kesini, haha. Taman sari juga salah satu tempat bersejarah. Begitu masuk kesini kamu dikasih brosur mengenai tempat ini. Kalau kesini jangan pas weekend ya, rame banget. Oiya, tempat ini tutup sekitar jam 16.00 WIB, jadi kalau kesini jangan sore-sore ya.






4. Kebun Buah Mangunan Imogiri
Tempat ini lagi hits banget. Jalanan kesini cukup jauh, bisa makan waktu 1-1,5 jam dari Kota Jogjakarta. Tenang, perjuangan kamu bakal terbayarkan sama keindahan pemandangan disini kok. Masuk kesini cukup bayar Rp 5.000,- dan kamu udah bisa naik ke atas. Namanya sih kebun buah, tapi aku gak ada ngeliat buah-buahan disini xD. Disini banyak banget spot foto yang asik. Kalau mau dapet kabut yang maksimal dan sunrise yang keren sih aku saranin kalian kesini subuh atau pagi-pagi banget (aku selalu kesiangan kesini xD)
5. Jurang Tembelengan Imogiri
Tempat ini cukup baru sih, tempatnya bersebelahan sama Kebun Buah Mangunan. Begitu keluar kebun buah, kamu belok aja ke kanan kira-kira 10-15 meter. Masuknya cuma bayar parkir Rp 5.000,- Tempatnya hampir sama kayak Kebun Buah Mangunan, sih, dataran tinggi (puncak gitu), tapi spot fotonya disini lucu-lucu. Ada juga perahu yang di bawahnya langsung jurang gitu, jadi seakan-akan perahunya terbang.



6. Hutan Pinus Imogiri
Tempat ini masih satu kawasan sama Kebun Buah Mangunan dan Jurang Tembelengan. Masuk kesini kalau nggak salah inget cukup bayar Rp 5.000,- Disini adem banget, aseli. Cocok banget buat kamu yang pengen ngadem dan nenangin pikiran. Tapi hati-hati ya, tanahnya agak licin.



7. Gumuk Pasir Parangkusumo
Mau ke padang pasir? Gak usah jauh-jauh, deh. Cukup kesini aja. tempatnya di sekitaran pantai selatan, pantai Parangtritis. Kalau dari Imogiri, kamu bisa langsung kesini lewat jalan tembusan (pakai google maps aja ya xD). Tapi kalau kesini jangan waktu matahari di atas kepala, panas bangetttt. Gak cuma kepala yang panas, panasnya juga sampai ke dalam sepatu xD Masuk kesini kalau nggak salah sih, cuma bayar Rp 5.000,-. Konon katanya tempat ini pernah dijadikan lokasi syuting layar lebar xD




8. Tebing Breksi
Tempat ini sebenernya biasa aja, tapi cukup nge-hits dikalangan anak instagram (ceileh anak instagram). Lokasinya cukup dekat sama bandara Adi Sucipto, sekitar 15-30 menit. Biaya masuknya juga cuma Rp 5.000,-. Sekali lagi aku ingetin, kalau mau kesini jangan pas panas-panasnya. Di deket tebing breksi ini kalau nggak salah ada Candi Ijo, tapi aku nggak sempet mampir xD





9. Candi Prambanan
Dari Tebing Breksi kamu bisa langsung ke Candi Prambanan, jaraknya enggak jauh. Kamu tinggal keluar dan kembali ke jalan Adi Sucipto, lurus-lurus doang dan kamu bakal nemuin Candi Prambanan. Siapin kocek Rp 35.000,- buat masuk kesini (Kompleks Candi Prambanan aja) dan jangan lupa siapin air mineral, mana tau kamu kehausan waktu muterin kompleks Candi Prambanan) xD (Post lainnya tentang candi prambanan --> klik)



Ternyata banyak banget tempat wisatanya xD, postingan ini segini dulu ya nanti aku lanjutin lagi di postingan selanjutnya (semogoa inget, haha). Kamu udah kesembilan tempat di atas belum? Share lewat kolom komentar di bawah dong???!!

21 comments:

  1. Aku baru kebeberapa tempat mainstream di jogja jadi pengen ke jogja lagi ehe makasih kak winda rekomendasi destinasinya.

    ReplyDelete
  2. Baru 2 kali ke Jogja, pengen kesana lagi :(

    ReplyDelete
  3. Pertama-tama, selamat udah sumpah jabatan ya kak!
    Jogja terlalu istimewaaaa, sayangnya dari tempat-tempat itu masih banyak yang belum aku kunjungi :( Semoga ada waktu (dan duit) deh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya 🙏

      Backpacker aja, masuk tempat wisatanya terjangkau kok. Kendaraan sewa aja, roda dua murah 😆

      Delete
  4. Jadi inget waktu dulu sering ke Jogja karena cuma punya sodara satu-satunya di luar jakarta ya di jogja haha

    diansaurs.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Ku masih ngeblog kok kakaknyaaaa hihi..
    Dulu aku lumayan sering ke Jogja. Waktu belum banyak tempat hits seperti sekarang. Ya paling banter mainnya di candi-candian aja dulu kan. Sekarang udah banyak bgt tempat yang asik asik.. Mau ke sana lagi aaaaaah.

    ReplyDelete
  6. Jadi makin pengen banget ke Jogja Saya mbak :'( Cuman nggak yakin apa bakal ada tempat kerja yg sesuai buat lulusan D3 perawat baru di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, di Jogja mah RS banyak. Kesempatan masih besar. Coba aja, jangan lupa berdoa 😆

      Delete
  7. waaahahah sama udah lama jg gak ngeblog, kira2 bakal dicap blogger murtad gk yak :p hehehe. jogja-jogjaaaa, kangen bangett sama jogja jadinya :'D baru tau ada tebing breksi

    ReplyDelete
  8. Wah jangan sampe ikut-ikutan ninggalin ngeblog ya hehe.

    Kebun buah mangunan sama hutan pinus imogiri baru desember kemaren aku kesana. Emang lagi hits itu. Dua-duanya rame pengunjung. Tempatnya emang bagus sih, instagram-able hehe.

    Btw, Udah pernah ke parang endog ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udaranya enak banget pokoknya disana. Belooom, daerah mana ntu?

      Delete
  9. Kueren yo Jogja iki. Dulu aku sempet hampir ke Jogja, tapi ada ada masalah intern (((ASEK))) dalam keluarga akhirnya ga jadi... wkwkwk

    ReplyDelete
  10. HTM-nya Rp 2 ribu? Wow! Bersahabat sekali! Hidup Yogya!! :)

    ReplyDelete
  11. gue belum pernah ke jogja dan ingin sekali kesana karena jogja sangat bernuansa vintage dan kesannya kayak chill gitu. haha. someday lah ya gua kesana.

    ReplyDelete

Cuma baca aja? Yuk tinggalin jejak, supaya aku bisa kunjung balik dan ninggalin jejak di blog kamu :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...