Ocehan Gue Nih :D

Monday, 1 June 2015

#NulisRandom2015 Day 2: Mau Masuk Farmasi, Udah Siap?

Wah, udah hari kedua nulis random nih! Hehe. Mumpung lagi libur, disela-sela persiapan Seminar Nasional, bisa lah ya aku nyuri-nyuri waktu buat nulis hihi.

Topik buat hari ini adalah meyakinkan kalian, para adek-adek yang baru lulus SMA buat lanjut ke farmasi. Yap! Udah pada tau kali ah, aku ini 'seorang mahasiswa farmasi' (tapi jangan ditanya semester berapa, sensitif!).

Farmasi (n) jurusan eksak, yang tak jarang jadi jurusan pelarian karena gak lulus kedokteran.

Untuk masuk ke jurusan farmasi sebenernya susah-susah gampang. Yah, aku aja dulu karena suka banget sama kimia, menjatuhkan pilihan sama Farmasi. Dan akhirnya berhasil masuk Farmasi melalui jalur undangan.

Sempet ngerasa terjebak dan salah jurusan sih enggak, tapi beberapa temen sih iya. Kebanyakan dari mereka malah menjadikan farmasi sebagai pilihan kedua, setelah kedokteran. Well, hari gini siapa sih ya yang gak mau jadi dokter. Nyembuhin orang, keliatan keren gitu. Bayarannya pun mahal. Seenggaknya gitu, mindset orang-orang awam. Padahal kuliah kedokteran itu susah, biayanya juga mahal.

Eits, jangan salah. Kuliah di Farmasi itu susah juga loh! Bahkan, katanya nih ya kuliah di farmasi lebih susah dibandingkan kedokteran. Karena apa? Karena Farmasi harus mempelajari banyak hal. Mulai dari matematika, biologi, fisika, kimia, sampai gabungan dari berbagai ilmu tersebut juga dipelajari. Kira-kira, apa aja sih yang perlu disiapin buat masuk farmasi?

1. Niat
Kuliah tanpa niat jadi apa, Sob? Dimana pun kuliah, tanpa niat semua bakal sia-sia. Sia-sia-in perjuangan orang tua mencari rejeki demi bisa nguliahin lu, Sob! Setiap duit yang lu pake buat jajan, buat bayar kuliah, bayar kost-an, buat makan, itu semua hasil kerja keras orang tua. Jadi, niat itu aspek terpenting buat masuk farmasi. Jangan kuliah ogah-ogahan. Yang terpenting hadir disetiap mata kuliah, walau ujung-ujungnya juga gak ngerti mata kuliah yang disampein.

2. Fisik dan Mental
Kuliah di farmasi itu berat. Banget. Bayangin aja tiap hari kuliah+praktikum. Belum lagi tugas-tugas yang dikasih dosen, laporan yg harus dikerjain pra dan pasca praktikum. Karena itu, fisik dan mental yang kuat bener-bener dibutuhin di farmasi. Mata kuliah yang padet, jam istirahat yang sedikit, dan tugas-tugas yang numpuk menjadi alasan kenapa kamu mesti punya fisik yang kuat untuk masuk farmasi. Sementara itu, mental yang kuat dibutuhin buat ngurangin ngeluh karena hal-hal yang ngeforsir tenaga tadi itu.

3. Usaha
Kuliah difarmasi itu gak flat! Banyak gejolak, apalagi di kegiatan praktikumnya. Nulis laporan dan revisi laporan udah jadi hal biasa buat anak farmasi. Skripsi dicoret-coret gak bakal ngagetin mahasiswa farmasi semester akhir deh. Karena dari semester awal mahasiswa farmasi udah kenal sama laporan yang dicoret sama asisten praktikumnya. Haha! Jadi mahasiswa farmasi gak mesti pinter kok, asal mau usaha pasti jalan nya mulus. Jangan lupa barengin usaha sama doa juga yak!

4. Duit
Nggak bohong nih. Kuliah di farmasi itu mahal, Sob! Biaya nya kurang lebih aja sama kedokteran. Apalagi sekarang sistem UKT. Tapi seperti yang udah disebutin di poin-poin sebelumnya, asal ada niat dan usaha (serta doa) pasti bakal ada jalan deh. Beasiswa sekarang banyak, tinggal diseriusin mau milih beasiswa yang mana.

Udah nyiapin 4 poin di atas, berarti kamu udah siap masuk Farmasi. Apalagi kalau kamu lulusan Sekolah Menengah Kejuruan yang ada jurusan Farmasinya, pasti siap banget. Kalo belum, jangan takut. Seiring berjalan nya waktu, semua bakal terlewati kok. Kuliah emang susah, tapi prospek kerjanya gede. Karena dibidang obat-obatan kita gak cuma berfokus sama 'orang sakit', tapi juga yang sehat. Misalnya nih, suatu saat udah gak ada orang sakit. Farmasi masih tetep berjaya, Sob! Kita masih bisa menggunakan bidang ilmu kita buat nyiptain vitamin, suplemen, dan lain sebagainya. Farmasi juga berperan dalam dunia kosmetik loh. Kamu bakal takjub dengan betapa besarnya profesi menjadi seorang farmasi kalo kamu udah berada di dalamnya.

Jadi, udah siap belum mengenal farmasi lebih dalam?

1 comment:

  1. yang pastilah duit .. farmasi banyak keluar duit :D .. eh tapi mau kuliah jurusan apapun pasti ujung ujungnya duit sih ,, udah biasa kudu biasa :)

    ReplyDelete

Cuma baca aja? Yuk tinggalin jejak, supaya aku bisa kunjung balik dan ninggalin jejak di blog kamu :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...