Ocehan Gue Nih :D

Friday 16 December 2011

Aku, Kamu, Dia, Mereka, Pernah aLay!

Hell-o dunia! Apa kabar kalian malam ini?
Gue gak bisa tidur nih, biasanya di dongengin dulu sama TayLautner baru bisa bobo *ngareppp*


Okeh, kenapa postingan ini ehem, gue kasih judul 'AKU, KAMU, DIA, MEREKA, PERNAH ALAY!" ?
Yah, karena menurut gue, kita semua pernah alay kok. Dan, sebelumnya gue mau tanya, apa sih alay itu? Dan apa aja sih ciri-ciri orang itu alay? Alay itu diliat dari apa sih? Oke mari kita kupas satu-persatu.

Apa Sih ALay Itu?


Secara harafiah, dan menurut pengetahuan yang gue punya, alay adalah sebuah akronim yang berarti Anak LAYangan. Tapi entah mengapa alay berubah makna menjadi sesuatu yang dilebih-lebihkan dengan sengaja. Bahkan, orang yang menyebutkan kata alay pun kadang tidak bisa mendeskripsikan secara pasti apa itu definisi dari alay. Setelah penulusuran yang gue lakukan di wikipedia -wih sampe masuk wikipedia segala-, gue mendapatkan beberapa kesimpulan tentang alay, yaitu :
"Alay adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia. "Alay" merupakan singkatan dari "anak layangan." Istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan. Selain itu, alay merujuk pada gaya yang dianggap berlebihan dan selalu berusaha menarik perhatian. Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup. Dalam gaya bahasa, terutama bahasa tulis, alay merujuk pada kesenangan remaja menggabungkan huruf besar-huruf kecil, menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan. Di Filipina terdapat fenomena yang mirip, sering disebut sebagai Jejemon."
 Nah, sekarang udah pada tau kan alay itu apa?

Apa SIh Ciri-ciri Orang Alay Itu?

Nah, setelah tau definisi dari kata alay tersebut, tentunya kalian mau tau, dan bahkan sudah tau ciri-ciri alay. Dari gambar diatas sudah jelas bagaimana ciri-ciri alay. But, gue mau nulis lagi ciri-ciri  umum alay menurut sudut pandang gue, sebagai berikut.
  1. Pertama, ciri umum alay, sudah pasti bisa diliat dari bentuk tulisan mereka yang menyakitkan mata. Bentuk tulisan yang tidak sesuai dengan EYD. Misalnya, aQuwh biLank CienTa saMa kAmoeH. Bentuk-bentuk tulisan tersebut sangat mengganggu mata. Dan jujur, waktu smp gue pernah sempet make tulisan begitu dan untungnya, gue sudah insaf :D
  2. Kedua, ciri umum alay, suka pasang status memakai bahasa inggris tapi enggak tau artinya dan penulisan pun salah, dan parahnya lagi si alay tersebut mengcopy paste sebuah lirik lagu.
  3. Ketiga, ciri umum alay, suka ikut-ikutan suka sama sesuatu yang lagi heboh. Misalnya lagi heboh-hebohnya gaya ala jepang, para alay pun dengan sok taunya langsung mengubah gayanya menjadi gaya harajuku, padahal kan jepang bukan cuma harajuku.
  4. Keempat, ciri umum alay, ngemis jempol. Nah ini dia gue paling sebel. Kadang gue sampe males aktifin chat di fesbuk soalnya sebentar-sebentar ada yang nge-chat "LIKE STATUS KU YA". Pernah, gara-gara seseorang terlalu sering minta di Like statusnya, langsung gue delete tuh orang . 
  5. Kelima, ciri umum alay, suka sok gaul. Karena gak mau ketinggalan jaman, pengen gaul malah jadi alay. Misalnya, make celana yang keliatan boxernya. Padahal gak menutup kemungkinan tu boxer sudah satu minggu gak di cuci. Hiii...
Nah, itu dia ciri umum alay menurut gue pribadi, elo masuk yang mana? :D

Alay Itu Diliat Dari Apa Sih?

Dulu, dulu banget. Ngebedain orang alay sama enggak itu gampang. Tinggal diliat dari tata cara menulis dan bentuk tulisannya pun kita bisa tau yang mana alay dan yang mana enggak. Tapi sekarang para alay mulai bermetamorfosis *eh* dan enggak diliat dari tulisan lagi -yah, walaupun masih ada sih-. Makanya gue bilang ngebedain orang alay sekarang itu susah-susah gampang. Pernah, temen gue ngatain gue alay karena gue ngirim broadcast gak penting gitu ke dia. Dan semenjak saat itu, broadcast gak penting gak pernah lagi gue forward ke kontak bbm gue heheh. Menurut kalian, sebenernya itu masuk gak sih ke ciri-ciri orang alay? Menurut gue, enggak. Kenapa enggak? Pertama, si orang yang dapet broadcast itu gak ngerti dan takut sama isi broadcast tersebut, dan akhirnya memforward ke seluruh kontak bbmnya. Kedua, siorang yang dapet broadcast itu lagi iseng aja buat nakut-nakutin temennya, makanya dia mem-forward broadcast tersebut ke semua kontak bbmnya. Ketiga, si penerima broadcast itu kepencet! Hihih
Dan, yeah, para alay pun bisa dilihat dari cara berpakaian. Seperti kata gue sebelumnya, pengen gaul malah jadi alay. Karena terlalu mengikuti trend yang ada, kadang para alay terlalu berlebihan yang akhirnya menyebabkan penampilan mereka merusak mata.

Jadi, guys, kalian yang ngebaca postingan ini, gue enggak bermaksud apa-apa, cuma pengen mengulas sebuah topik yang tentunya kalian semua juga pernah alamin, menjadi alay. Karena di atas gue udah ngebahas dan ngupas tuntas apa itu alay beserta cirinya tentunya kalian tau dan harapan gue, berhenti nge-judge orang alay. Karena, kalian tau, rasanya di jugde itu seperti apa. Orang memandang kita dengan sudut pandang yang berbeda. Bisa jadi kan kita memandang si A itu alay, sedangkan menurut si B kita yang sebenarnya alay. Jadi, alay teriak alay dong? Hihi. Menurut gue, sebelum kita meneriakan alay kepada seseorang, sebaiknya kita koreksi dulu diri kita, apakah kita alay atau tidak. Kalau tidak yah disyukuri, tetapi jangan sampai menjudge orang yang alay. Dan jika setelah kita koreksi ternyata diri kita alay, segeralah bertobat.

Dan kalian tau? Gue nulis ini karena gue pernah merasakan alay. Dari bentuk tulisan dan mengikuti trend yang ada, yaitu membuat video lypsinc. Video lypsinc yang gue buat itu terinspirasi dari moymoy palaboy, yang mungkin, shinta jojo pun terinspirasi dari mereka. Gue sempet upload 3 video ke youtube, monggo kalo mau diliat :D







Dan setelah itu, berakhirlah masa ke-alay-an gue. Gue sadar, menjadi alay bukanlah pilihan hidup gue.
Guys, segeralah koreksi diri kalian masing-masing. Apakah kalian alay? Cuma kalian yang tau.

Oke, mungkin cuma segitu dulu ehm, subuh ini. See yaaa!

4 comments:

  1. Untungnya gua ga pernah alay tuh...eh pernah deng, gua juga bikin video gila waktu itu, hehehe...

    http://www.youtube.com/watch?v=9xrK3emU198&feature=colike

    ReplyDelete
  2. woww, itu sih keren bukan alay :D
    jempol deh :D

    ReplyDelete
  3. Setelah move ke facebook berakhirlah masa ke-alay-an guweh. Uahahaha

    ReplyDelete

Cuma baca aja? Yuk tinggalin jejak, supaya aku bisa kunjung balik dan ninggalin jejak di blog kamu :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...