Ocehan Gue Nih :D

Tuesday 12 November 2013

#WorldDiabetesDay

Haloo guys, ketemu lagi sama gue. Bentar-bentar, gue cek blog dulu. Eh ini kok banyak sarang laba-laba ya? oh, ternyata kelamaan gak dibuka. Hehe.

Berhubung gue lagi uts, gue punya waktu luang 'sedikit' buat blogwalking, dan akhirnya posting diblog ini lagi hehe. Kali ini mau post apa ya? Sabar dong... hehe

Gue sebagai anak kesehatan, rasanya gak pernah ya ngepost tentang kesehatan? Yang ada postingan gak jelas dan isinya curhatan semua. Hueheh, maafkan daku permirsahhh.

Oke, sesuai judul postingan ini, gue akan membahas sedikit tentang #WorldDiabetesDay (mumpung materi uts kemaren tentang diabetes hihi). Tapi sebelum ngebahas itu, tentunya kalian harus tau dong apa itu diabetes. 

(Ini sesuai pengetahuan gue dan beberapa referensi yang gue baca ya, lebih jelasnya kalian bisa cari lagi, heheh)


Diabetes apaan sih, Hul?
Diabetes Melistus (DM) atau biasa dikenal dengan kencing manis, adalah gangguan pada sistem metabolik, khususnya pankreas, dimana kadar glukosa didarah itu berlebih.

Hah? Kok bisa?
Sebentar, sabar, dibahas satu-satu ya
Jadi, pada normalnya tubuh kita, sel beta pankreas yg ada di pankreas khususnya, itu memproduksi insulin. Insulin adalah substansi kimia yang fungsinya menghantarkan glukosa masuk ke dalam sel, yang selanjutnya diubah menjadi glikoptotein dan dipake tubuh buat menghasilkan energi. Jadi, simpelnya insulin itu kuncinya glukosa buat masuk ke dalam sel. Tanpa insulin, glukosa gak bakal bisa masuk ke sel dan akhirnya menumpuk di pembuluh darah. Nah penumpukkan glukosa itu yg akhirnya nyebapin diabetes.

Sumber : Klik pada gambar
Terus, insulin nya kok bisa gak ada? Emang dia kemana?
Ketiadaan insulin itu berhubungan sama tipe diabetes. Diabetes sendiri secara umum dibagi ke dalam tiga tipe. Pertama, DM tipe 1. DM tipe 1 ini disebabkan sel beta pankreas yg tugasnya memproduksi insulin tadi, rusak. Otomatis, gak ada insulin yg dihasilkan dan glukosa numpuk dipembuluh darah. Nah, makanya buat pasien DM tipe 1, dikasih insulin terus menerus buat ngontrol gula darahnya, alias ketergantungan insulin. Biasanya sih, DM tipe ini itu karena genetik atau keturunan. So, buat kalian yg punya ortu menderita diabetes, jaga bener-bener pola makan dan gaya hidup kalian. Kurangin asupan makanan yg terlalu manis, rajin-rajin olahraga juga.
Sumber : Klik pada gambar
Terus, kedua adalah DM tipe 2. DM tipe ini disebabkan karena penurunan produksi insulin. Maksudnya sel beta pankreas nya masih bisa ngehasilin insulin, cuma sedikit. DM tipe 2 ini biasanya karena obesitas, pola makan yg gak sehat, kurang olahraga.
Sumber : Klik pada gambar
Terakhir, diabetes gestasional. Biasanya DM ini dialamin sama ibu hamil. Dan, DM tipe ini bisa hilang habis melahirkan atau bahkan malah bisa lanjut.
Sumber : Klik pada gambar

Oh, ternyata gitu ya? Gejala dan tanda nya gimana sih, Hul?
Nah, dalam dunia kedokteran ada yg namanya 'trias klasik diabetes', yaitu poliuria, polidipsi, dan polifagia. Poliuria adalah kondisi dimana muncul keinginan buat buang air kecil secara terus menerus. Sedangkan polidipsi adalah keadaan dimana muncul rasa haus akibat elektrolit dalam tubuh berkurang karena volume urin meningkat dan terus-menerus buang air kecil. Sementara polifagia adalah keadaan dimana penderita diabetes selalu merasa lapar akibat glukosa gak ada yg masuk ke dalam sel dan gak ada energi yg disimpan. Jadi, otak kita secara otomatis mengirimkan sinyal 'lapar, lapar, lapar' ke kita. Heheh.


Terus kalo gue punya 3 gejala dan tanda itu, gue diabetes?
Belum tentu, buat mastiin masih banyak tanda dan gejala lainnya. Misalnya, buat DM tipe 2 salah satu faktor pemicunya adalah obesitas. Gejala yang lain adalah kita jadi cepet capek, terus kita makan banyak tapi badan kita segitu-gitu aja bahkan berat badan kita bisa turun drastis. Selain itu juga, luka susah sembuh karena itu tadi glukosa gak ada di sel otomatis sel kita gak bisa berpoliferasi buat nyembuhin luka.
Sumber : Klik pada gambar


Cara lain buat ngetahuin kita diabet apa enggak adalah dengan mengukur kadar gula darah. Kalau kadar gula darah kita di atas normal kemungkinan kita punya kesempatan terjangkit diabetes. Eits, tapi tunggu dulu. Kita memang belum tentu kena diabetes, tapi hati-hati kalau udah masuk ke fase pre-diabetes. Makanya mulai sekarang jaga pola makan, kurangi asupan gula berlebihan, rajin olahraga jangan stalker twitter mantan mulu *eh
Sumber : Klik pada gambar

Nah, udah tau kan diabetes itu apa?

Sekarang yuk bahas tentang #WorldDiabetesDay

World Diabetes Day apaan sih, Hul?
Sesuai sama namanya, World Diabetes Day merupaka hari peringatan diabetes sedunia yang jatuh setiap tanggal 14 November. Tanggal tersebut diresmikan sama WHO pertama kali di tahun 1992. Tanggal 14 November sendiri merupakan tanggal kelahiran Frederick Bantig, dimana beliau bersama Charles Best pada tahun 1922 menemukan bahwa insulin bisa dipake buat ngobatin penyakit diabetes ke pasien penderita diabetesnya. #WorldDiabetesDay diperingati sebagai pengingat untuk meningkatan kewaspadaan masyarakat di seluruh dunia akan penyakit diabetes.

#WorldDiabetesDay dilambangkan dengan lingkaran biru, dimana lingkaran biru merupakan usaha terus menerus yang dilakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes. Terus warna birunya melambangkan warna langit yang menyatukan seluruh bangsa.
Diabetes tercatat menjadi penyebab kematian nomor 4 di Indonesia. Diabetes itu gak bisa disembuhin, cuma bisa dicegah. 

Jadi ayo perangi diabetes mulai sekarang. Kenali gejala dan tandanya, jauhi penyebabnya. Kalau bukan kita sendiri, siapa lagi?

Sekian dulu postingan kali ini.
Keep calm and prevent diabetes !

5 comments:

  1. ayo hidup sehat sejak dini. ^_^

    ReplyDelete
  2. duhh... diabetes.. ngeri juga lho penyakit ginian. apalagi kalo udah stadium akut, kalo sampek luka luar bakal lama sembuhnya kan? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngeri banget, sebenernya bukan diabetesnya penyebab kematiannya, tp komplikasi penyakit lain.
      Bukan ga bs smbuh lagi bahkan harus di amputasi :-(

      Delete
  3. penyakit ini mengingatkan ku pd almh ibuku. :'(

    ReplyDelete

Cuma baca aja? Yuk tinggalin jejak, supaya aku bisa kunjung balik dan ninggalin jejak di blog kamu :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...